Resep Makanan Cara Membuat Donat Kentang

Resep Makanan Cara Membuat Donat Kentang. Seumur hidup baru nyobain bikin donut kentang ya hari Sabtu tanggal 6 Mei yang lalu. Udah lama banget sih pengen bikin donut kentang cuman nggak PD aja kebiasaan dari dulu bikinnya donut dari terigu biasa. Akhirnya setelah baca resep berbagai jenis donut kentang dari berbagai sumber termasuk dari milis NCC, aku ciptakan resep ini, sedikit ngawur tapi hasil akhir teuteup enak..dan yang pasti sesuai lidah keluarga...hasil donut plain nya tidak terlalu manis.
Resep Makanan Cara Membuat Donat Kentang
Aku bikin donut kentang hari Sabtu pagi, bangun tidur trus cuman gosok gigi dan cuci muka, jalan pagi sama suami dan anak-anak keliling kompleks..sempet mampir ke play ground di Taman Tuyul..Ruth dan Jo main ayunan dan prosotan. Pulang jalan pagi, anak-anak mandi aku cuci tangan dan langsung nguplek di dapur...mumpung suami anteng di depan TV liat play off NBA huehehehehehe...Pas udah dibentuk donut lha kok buanyaakkk...ngliatnya mpe blenger, tetangga sebelah nggak lupa kebagian..tetep aja nyisa...akhirnya buat sarapan hari minggu pagi waktu mo berangkat ke gereja teuteup endangg dan empuks!!!...berhubung project bikin donut ini permintaan si Ruthy so siapa yang makan donut paling banyak???? dah pasti yang minta! Cuman berhubung grissy banget daku sampai jijay nggak mau bikin donut lagi...minyak-nya itu loch...maklum deep fried...ngeringin minyaknya mpe abiss deh tissue.

Ingredients:
3 buah kentang ukuran sedang, kukus, haluskan
4 1/2 cup tepung terigu
1/2 cup gula pasir
100 gr margarin
1 btr telur ayam
1/2 cup susu UHT
2 sdm susu bubuk
1 sdm maizena
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder

Biang (adonan pengembang) :
1 sachet Fermipan
1 sdt gula pasir
5 sdm air hangat

Directions:
1. Aduk adonan biang (adonan pengembang), diamkan sampai mengembang
2. Tuang tepung terigu dalam baskom, masukkan susu bubuk dan gula pasir, aduk rata
3. Lubangi tengahnya, masukkan telur, aduk rata
4. Masukkan kentang , aduk rata dengan garpu - supaya lebih mudah menghaluskan yang berindilan.
5. Setelah semua tercampur rata masukkan margarin, aduk rata lagi pake garpu.
6. Pelan-pelan masukkan biang, dan susu, sedikit demi sedikit.
7. Uleni pakai tangan sampai kalis, kalau masih lengket tambahkan terigu sedikit sampai didapat adonan yang benar-benar kalis.
8. Banting-banting adonan supaya elastis.
9. Setelah adonan siap, tutup dengan lap diamkan selama 30 menit - adonan akan mengembang 2 kali lipat.
10. Kempiskan adonan, bentuk donut, bisa juga pake cetakan donut kalau punya taruh dalam nampan yang sebelumnya sudah ditaburi terigu, diamkan selama 15-20 menit sampai mengembang.
11. Siapkan minyak dengan api panas, setelah minyak panas segera kecilkan api dan goreng donut sampai terendam dan berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
12. Dinginkan donut kemudian beri topping sesuai selera.

*) Kemarin berhubung masih ada sisa BC dari lemari es, aku bikin topping dengan cara ngolesin BC ke donut trus tabur meises warna warni dan keju.